Search

Telinga Sering Gatal Tanpa Sebab? Hati-hati, Bisa Jadi Tanda Infeksi

Suara.com - Telinga Sering Gatal Tanpa Sebab? Hati-hati, Bisa Jadi Tanda Infeksi

Telinga gatal mungkin jadi hal yang sering kita anggap remeh dan bukan suatu hal yang berbahaya. Kondisi ini bisa terjadi pada semua orang, meski tak semua bisa menahan sensasi gatalnya.

Telinga gatal bisa saja jadi hal yang biasa, akan tetapi mungkin bisa menjadi gejala dari sesuatu yang serius, misalnya alergi atau infeksi.

Flushing Medical Centre menulis daftar berbagai alasan potensial mengapa telinga bisa terasa gatal. Hal yang utama adalah alergi, seperti alergi produk rambut atau sesuatu yang Anda telan.

"Oleh karena itu penting untuk ekstea berhati-hati saat mengubah rutinitaa kecantikan ataupun dietmu. Terutama apabila Anda memang mengalami riwayat alergi," demikian dikutip dari situs The List.

Jika Anda merasakan gatal dari dalam liang telinga, bisa jadi Anda memasukkan sesuatu ke dalam telinga seperti cotton bud. Cotton bud dapat mengiritasi dan menginflamasi telingamu, sehingga meningkatkan risikomu terkena infeksi telinga.

Di sisi lain bisa jadi adanya penumpukan kotoran telinga di dalam. Apabila memang gejalanya mengarah ke infeksi telinga, segera periksakan ke dokter THT untuk memastikannya.

Ilustrasi telinga gatal. (Shutterstock)
Ilustrasi telinga gatal. (Shutterstock)

Jika gatalnya berasa di luar liang telinga atau di kulit sekitarnya, Flushing Medical Centre menyebut bisa jadi disebabkan oleh psoriasis atau salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh gangguan imun.

Psoriasis juga diidap oleh selebrita mancanegara Kim Kardashian, yang ditandai dengan area-area kulit kering atau bersisik di sekitar telinga.

Sementara itu, Dr Steve Daveluy, Direktur program Wayne State University School of Dermatolog menyarankan untuk tidak menggaruknya walau rasa gatalnya tak tertahankan.

"Untuk jenis kulit apapun, menggaruknya justru membuat saraf gatal semakin menjadi-jadi. Makin sering Anda menggaruknya, semakin parah gatal yang Anda rasa," tandasnya.

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/384NRRj

February 29, 2020 at 09:05AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Telinga Sering Gatal Tanpa Sebab? Hati-hati, Bisa Jadi Tanda Infeksi"

Post a Comment

Powered by Blogger.